Teologi Rahim dalam Memori Kolektif Ritual Nyaki Dirit Selama Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Abstract: This manuscript explains the significance of the nyaki dirit ritual, which requires humans to acknowledge the existence of an external Power. Through this nyaki dirit ritual, humans become aware of their Creator. In addition, this ritual signifies faith, prayer, and happiness for both the family that invites guests and the guests themselves. Through this ceremony, it is anticipated that the invited guests will support or bless the fetus so that it is safe, strong, and healthy for both the mother and the child. The method employed is qualitative with descriptive social research and flow analysis via an interactive analysis model, which includes data acquisition, condensation, data display, and interpretation drawing. The research results indicate that Christianity must convey its support and preservation of this ritual in light of the womb's theology. In the end, a vulnerable human will still surrender to God in order to form a new life in a woman's womb through prayer. The submission was accomplished collectively via the nyaki dirit ritual.
Abstrak: Tulisan ini menerangkan tentang makna dari ritual nyaki dirit, yaitu manusia mengakui adanya Kekuasaan di luar dirinya. Melalui ritual nyaki dirit ini pula, adanya kesadaran dari manusia akan Penciptanya. Selain itu, ritual ini juga memberikan makna akan suatu harapan, doa dan sukacita baik dari keluarga yang mengundang ritual ini maupun dari tamu yang diundang. Melalui ritual ini, harapannya orang-orang yang diundang dapat mendukung atau memberkati buah kandungan ibu agar selamat, kuat, dan sehat bagi ibu dan bayinya. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian sosial deskriptif dengan alur analisis melalui model analisis interaktif yang meliput pengumpulan data, kondensasi data, penampilan data, dan penarikan interpretasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kekristenan melalui pandangan teologi Rahim perlu menyatakan dukungan dan preservasinya terhadap ritual ini. Pada akhirnya manusia yang rapuh akan tetap berserah kepada Tuhan dalam menyambut kehidupan melalui doa-doa bagi terbentuknya kehidupan baru yang ada dalam Rahim seorang perempuan. Penyerahan tersebut dilakukan secara kolektif melalui ritual nyaki dirit.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abduh, M. Rifa’i dan Waryono Abdul Gafur. “Spritualitas Lingkungan Dan Ekonomi Industri.” Jurnal Pendidikan Islam IV, no. 2 (2007): 81. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1194.
Adimihardja, Kusnaka. Metode Penelitian Sosial : Suatu Teknik Penelitian Bidang Kesejahteraan Sosial Dan Ilmu Sosial Lainnya. Edited by Jan Budhi. Edisi ke-8. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2011.
Alferdi, A, and E I Rindi. “Makna Doa Menurut Perspektif Paulus Dalam Surat-Suratnya Dan Implementasinya Terhadap Kehidupan Orang Percaya.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika 1407, no. April (2022): 123–36. https://ojs.sttibc.ac.id/index.php/ibc/article/view/80.
Aprilinda, Tirza. “PEMAHAMAN PENDETA-PENDETA PENTAKOSTAL TENTANG TEKS DOA YABES.” Antusias: Jurnal Teologi Dan Pelayanan 7, no. 2 (2021). https://sttintheos.ac.id/e-journal/index.php/antusias/article/view/719.
Cantika Adinda Putri. “RI Resmi Terjangkit Covid-19 & Sikap Pemerintah Hadapi Corona,” n.d. https://www.cnbcindonesia.com/news/20200303102254-4-142001/ri-resmi-terjangkit-covid-19-sikap-pemerintah-hadapi-corona.
Darwati, Mohammad Arif dan Yuli. “COHERENCE OF MULTICULTURAL LIFE OF THE TANON PEOPLE, PAPAR, KEDIRI.” Empirisma; Jurnal Pemikiran Dan Kebudayaan Islam 31, no. 1 (2022). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2712568.
Efendi, Jois, Harming Harming, and Katarina Katarina. “Tradisi Jawa Pengaruhnya Terhadap Orang Kristen Dan Tinjauan Dari Sudut Pandang Alkitab.” Skenoo : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2021): 45–57. https://doi.org/10.55649/skenoo.v1i1.5.
Fleming, Don. Bridge Way Bible Commentarye. Brisbane: Bridge Way Publication, 2005.
Gischa, Serafica. “Apa Itu Covid-19, SARS, Dan MERS?,” 2020. https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/27/080000169/apa-itu-covid-19-sars-dan-mers-?page=all.
Henry, Matthew. Commentary on the Whole Bible Volume V ( Matthew to John ) by Publisher. Vol. V. Grand Rapid, MI : Christian Classics Ethereal Library, 2000.
Ita Maesaroh, Abdul Gaffar. “PEMBACAAN SURAH AL-TAUBAH DALAM TRADISI KUPATAN MASYARAKAT MUSLIM SUKU SUNDA (Studi Living Qur’an Di Desa Lipu Masagena Konawe Selatan).” EL MAQRA’: TAFSIR, HADIS DAN TEOLOGI 2, no. 1 (2022). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/maqra’.v2i1.3986.
Jamieson, Robert, A R Fausset, and David Brown. Commentary Critical and Explanatory on the Whole Bible. Grand Rapid, MI : Christian Classics Ethereal Library, 2009.
Koentjaraningrat. Pengantar Antropologi II. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Lestari, Dewi Tika, and Yohanes Parihala. “Merawat Damai Antar Umat Beragama Melalui Memori Kolektif Dan Identitas Kultural Masyarakat Maluku.” Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 3, no. 1 (2020): 43–54. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v3i1.8697.
Mangkin, Melly S. Suku Dayak Ngaju (Potret Kekayaan Budaya, Sistem Religi, Moral Dan Adat-Istiadat; Pergulatan Antara Eksistensi Dan Transformasi Kehidupan Kini Dan Esok). Jakarta: Midada Rahma Press, 2010.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Thirtd Edi. Los Angeles: SAGE Publications, Inc., 2014.
Munsi, Hardiyanti. “Dari Masa Lalu Ke Masa Kini: Memori Kolektif, Konstruksi Negara Dan Normalisasi Anti-Komunis.” ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia 1, no. 1 (2016): 30–43. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i1.998.
Natalia, Desi, Jefry Tarantang, and Ni Nyoman Adi Astiti. “Makna Manuhir Dalam Kehidupan Masyarakat Dayak Ngaju Di Kota Palangka Raya.” Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat 16, no. 1 (2020): 24–34. https://doi.org/10.23971/jsam.v16i1.2077.
Panjaitan, Firman. “Biarlah Perempuan Yang Menentukan : Tinjauan Teologi Seksualitas Terhadap Rahim Perempuan Berdasarkan Kejadian 2 : 21-25.” MELO: Jurnal Studi Agama-Agama 1, no. 2 (2021): 77–90.
Patricia, Triyani, and Hery Mantir. “Suatu Tinjauan Tentang Upacara Menujuh Bulan Kehamilan (Nyaki Tihi) Menurut Adat Dayak Ngaju Di Mandomai Kecamatan Kapuas Barat Kabupaten Kapuas.” Jurnal Paris Langkis 1, no. 1 (2020): 34–42. https://doi.org/10.37304/paris.v1i1.1669.
Purwaningrum, Septiana, and Habib Ismail. “Akulturasi Islam Dengan Budaya Jawa: Studi Folkloris Tradisi Telonan Dan Tingkeban Di Kediri Jawa Timur.” Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 4, no. 1 (2019): 31–42. https://doi.org/10.25217/jf.v4i1.476.
Raiz, Fakhruru dkk. “Covid-19 : Buku Kesehatan Mandiri Untuk Sahabat.” Islamic Medical Aassociation and Network of Indoensia, 2020.
Rieuwpassa, Risye Yulika. “Theology of The Womb: Knowing God Through the Body of a Woman.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen Dan Musik Gereja 5, no. 2 (2021): 285–92. https://doi.org/10.37368/ja.v5i2.305.
Rusli, R, and A Rahman. “Mattaresse’Tradition For Pregnant Women in Saotengnga Village, Sinjai Regency, South Sulawesi.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan … 5, no. 4 (2021): 973–80. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2388/http.
Setiadi, Elly M. Et.al. Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta: Prenada Media Group, 2012.
Stevanus, Alexander. “‘Rahim Perempuan Itu’ Teologi Rahim Kartini Dalam Perjuangan Membangun Politik Identitas Perempuan Indonesia.” EUANGGELION: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 3, no. 1 (2022): 95–111.
Sugiyono. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta, 2015.
Supradnyana, I Gede. “Tadumburake Anu Keangga: Menyoal Teologi Rahim Perempuan Di Poso.” KENOSIS 5, no. 2 (2019): 163–78.
Susanta, Yohanes Krismantyo. “Teologi Biblika Kontekstual Di Seputar Persoalan Perempuan, Keturunan, Dan Kemandulan.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 3, no. 2 (2020): 177–90. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v4i3.8079.
Wagner, Rachel. Godwired: Religion, Ritual and Virtual Reality. New York and London: RoutledgeNo Title, 2012.
Yasa, I Kadek Kartika. “PERLINDUNGAN ANAK MENURUT HUKUM HINDU DAN UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 23 TAHUN 2002.” Belom Bahadat : Jurnal Hukum Agama Hindu 9, no. 1 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.33363/bb.v8i1.344.
Zelinofitasari Daeli. “Konsep Doa Dalam Keheningan Menurut St. Ephrem Dari Suriah Dalam Hymns Preserved in Armenian, No. I: Menyatu Dengan Allah.” Jurnal Misioner 2, no. 2 (2022): 218–36. https://doi.org/10.51770/jm.v2i2.72.